Ngemall,
ngafe, and nonskop siapa yang ga suka ? ( cungggggg) nihil kali yah kalau
dijadiin kuesioner di kampus.
Hehe,
soalnya sama dewi juga doyan banget secara naluri gitu masih muda, belum punya
tanggungan,masih bebas aja berekspresi.
Dew ada
film baru bagus ? ( cussss nonton)
Dew ada
diskon sampai 50% loh di mall A ? ( yuuuuuuk mari diliat)
Dew udah
pernah nyobain coffe yang disana belom ? gila, enak banget, yuk ketemu disana.(
kalau yang ini tergantung mood plus waktu haha.. bisa minat tapi sering nolak)
Dulu tuh
berhubung masih didesa ga ada aktifitas begituan. Pulang sekolah kerumah
besoknya sekolah lagi.
Ke bioskop
(mana ada)
Ngafe (bikin
aja dirumah Torabika haha)
Ngemal (untung yang ada Cuma department store)
Nah,
moment” yang begituan justru yang dikangenin dimana masih tergantung sama orang
tua ( so jangan sombong kalau fasilitas yang kamu pakai itu masih punya emak
sama bapak dirumah).
Dulunya,
dewi juga kuper(super malah). Kan anak baik, anak rumahan gt haha. Yah gitulah
yang namanya siklus kehidupan. Sekarang 2015 (3th sudah lulus SMK), udah banyak
yang berubah diikuti dengan pengalaman dan pengetahuan.
Karena pekerjaan
dewi yang gak jauh” dari mall, lama- kelamaan doyan juga dahhh… hehehe. Bos besar
dewi rutinitasnya yak ngemall (entah urusan kerjaan atau Cuma sekedar hang
out) terus Assistantnya ngekorrrrrrrrrrr
lah ya.
Terus gimana
dewi cara ngatur pengeluaran ?
Ini nih
sebenernya SUSAH banget, soalnya SALE itu selalu bikin khilaf ( ga papa ah beli
tabungan masih mencukupi). Tuh contoh pikiran” membenarkan dari diri sendiri(push
and push, Padahal tuh barang dirumah masih ada dan belom tentu dipakai).
Dari situ
tuh dewi harus mikir GAJI yang dewi dapet itu dikemanain yang bener. Pas lagi
ngemall Senayan City dewi selalu mampir ke Gunung Agung (toko buku), **ehhhh
ngelirik deh ada buku yang judulnya “Habiskan Saja Gajimu” by Ahmad Gozali. Loh..loh..loh..,
ko diabisin penasaran donk maksudnya. Beli ahhhhhh,
Ternyata emang
bener gaji itu ga usah disisa”.in abisin aja broooooooooo…,
Why ?
Jadi gini,
kita yang masih anak muda nih, masih suka royal dan doyan gonta-ganti
gadget(pengalaman hehehe). Coba bikin pos” pengeluaran setiap bulan.
Pos”
PENGELUARAN maksudnya gimana dewi ?
Rules-nya
begininih.
1.
Pos yang wajib diisi itu adalah SEDEKAH ( inget
jangan pelit” besarnya bisa 2,5%-10% tergantung kemampuan).
2.
Yang ini HUTANG ( bayar dulu utang” yang kita
punya, jangan disepelein, ini soalnya post darurat) kalau utang kelamaan ga
enak, semakin ditunda utang jadi banyak.
3.
Terus investasi (kalau punya sih contohnya
reksadana atau LM)
4.
TABUNGAN ( diisi nih tabungan dibank, fungsinya
bakal kerasa kalau pas butuh duit mendadak).
5.
Kalau yang iniiiii,,,, ABISIIIIIIIIN aja ( untuk
apa ? bisa shopping,pemenuhan life style,dll).
LIAT
CONTOHNYA :
Gaji Rp 3.700.000
Sedekah : Rp 200.000
UPPY : Rp 150.000
Asuransi : Rp 250.000
B.wisuda : Rp 500.000
B.semester : Rp 500.000
Pulsa :
Rp 100.000
Store : Rp 200.000
Logam Mulia : Rp 300.00
Tabungan : RP1.000.000
jumlah (Rp 3.400.000)
Tabungan : RP1.000.000
jumlah (Rp 3.400.000)
Sisa Rp. 300.000
Yesssss, sisa . enaknya dikemanain ?
Nah, itu
selera kamu yang penting :
Sedekah,
Alhamdulillah
Hutang udah
dibayar (biaya wisuda,asuransi,uppy,biaya semesteran)
Keperluan
pribadi (pulsa,store,uang jajan)
Tabungan lancar
Porsi pengeluaran
kan beda”. Ada biaya kost,transport,makan, kirim orang tua,dsb. Sesuaiin aja
sama kondisi kamu.
POKOKNYA
rules-nya itu sedekah,utang,investasi,tabungan,and ABISIN (bisa buat shopphing
atau dialokasiin ke pos tabungan bisa juga yang lain).
Kalau gak
ada SISA malah justru kurang atau minus gimana dewi ?
Kalau udah
begitu ada dua kemungkinan :
1.
Pertama, dapet gaji langsung cussssss ke shopping
atau life style
2.
HUTANG kamu lebih dari 30% gaji. Wes pasti puyeng
7 keliling. Karena hutang itu porsinya ga boleh lebih dari 30%.
Rp 3.700.000 x 30/100 = 1.110.000 (idealnya)
Dicontoh HUTANG
(sebanyak 1.400.000) masih sehat donk Cuma selisih Rp 290.000 dari idealnya
kalau udah diatas 1jt, baru worry dan dewi liat lagi tuh mana porsi hutang yang
bikin GEMUK.
Sekarang udah
taukan ???????
Tinggal praktek,
awal”nya susah (dewi dulu juga boros suka gonta-ganti gadget) tapi dengan NIAT
dan KEMAUAN pasti BISA.
Cewek itu
MENTERI KEUANGAN terutama untuk keluarga, kalau dari sekarang udah pinter
kelola duit dari gaji sendiri bakalan bermanfaat kalau udah nikah nanti (
kapannnn yah ????) yang kalian harus tau pos” pengelurannya lebih banyak, ada
uang untuk biaya sekolah anak, pengen punya rumah yang nyaman untuk keluarga,
pengen punya mobil, semuanyaa pengen….!
Kita belajar
kelola dulu duit dari gaji yang sedikit itu. Karena ga menjamin ko gaji gede
laju semua beres justru malah kadang nafsu belanja tinggi bisa karena faktor gengsi
tau gak mau ketinggalan jaman.
Jangan merasa
bangga sama smartphone terbaru, tas branded,dll (kalau kenyataannya belum mampu
untuk itu). Ada saatnya nanti kita MAMPU untuk beli. PERCAYA deh.
Semoga bermanfaat,
Go,fight,win
dewi

Tidak ada komentar:
Posting Komentar